Senin, 04 Februari 2008

THREE DAYS AND NIGHTS

TIGA HARI TIGA MALAM

[ THREE DAYS AND NIGHTS ]

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci. 1 Kor. 15:3 - 5

Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Matius 12: 40

Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya. Yunus 1:17

Menurut tradisi atau kepercayaan gereja yang paling banyak diterima dan dirayakan sebagai hari penyaliban dan kematian Yesus adalah hari Jumat, sehingga hari itu dijadikan hari Jumat Agung (Good Friday) yang berasal dari pengucapan bahasa Jerman yang salah yaitu: “Gott Friday” dan bahasa Inggris “ God’s Friday” artinya Jumat Tuhan. Dia mati jam tiga petang, atau sekitar jam tiga sore, dan bangkit pada hari Minggu pagi. Hari Minggu dianggap sebagai hari perayaan kebangkitan Kristus, itulah sebabnya mayoritas orang Kristen beribadah hari Minggu dan hanya sebagian kecil atau minoritas yang tetap beribadah pada hari Sabtu seperti orang Advent hari ketujuh, dan Gereja Segala Bangsa.

Ada banyak pembaca Alkitab dibuat bingung dan bertanya, bagaimana selang waktu antara hari Jumat sore sampai Minggu pagi dapat dikatakan sebagai tiga hari tiga malam. Adalah lebih sesuai kalau hari itu dihitung sebagai dua malam, satu hari dan sebagian kecil hari berikutnya. Tiga hari tiga malam artinya adalah tiga siang dan tiga malam. Mari kita hitung lagi, Jumat adalah sedikit siang dan satu malam, Sabtu ada satu siang dan satu malam, sedang Minggu hanya ada sangat sedikit bagian dari siang yaitu dini pagi hari. Jadi kita mendapatkan hanya tiga siang tetapi dua siang tidak penuh dan dua malam. Jadi tidak terpenuhi tiga hari (siang) dan tiga malam.

Beberapa pakar atau ahli mengusulkan beberapa pemecahan untuk hal yang jelas sangat sulit ini dengan alasan bahwa, “ satu hari satu malam “ hanyalah merupakan satu cara lain untuk mengatakan “satu hari “di mana orang Yahudi kuno menganggap sebagian hari adalah sebagai satu hari penuh. Ensiklopedia Yahudi mengatakan bahwa suatu hari pemakaman, walaupun penguburan itu dilakukan sore hari, dihitung sebagai hari yang pertama dari ketujuh hari berkabung. (*1) Jadi mereka mengatakan ada sebagian hari Jumat ( bagian yang sangat kecil), satu hari (siang) dan satu malam sebagai satu hari penuh Sabtu, dan sebagian Minggu ( bagian yang sangat kecil) sebagai hari yang lain, satu hari satu malam. Jadi mereka menganggap dari hari Jumat ke hari Minggu adalah tiga hari. Gampangnya ada tiga hari yaitu hari Jumat satu hari, hari Sabtu dua hari, dan hari Minggu satu hari. Jadi mereka lebih memfokuskan pada banyak ayat Firman Tuhan bahkan perkataan Yesus sendiri yang mengatakan bahwa Dia akan bangkit hari ketiga. Tetapi mereka mengabaikan bahwa Firman Tuhan juga berkata bahwa dia akan tinggal di dalam rahim bumi TIGA HARI TIGA MALAM seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan TIGA HARI TIGA MALAM yaitu sama dengan 3X24 jam = 72 jam.

Ada banyak orang Kristen yang tidak puas dengan cara pemecahan di atas dan sayapun mengakui bahwa saya tidak puas. Bagi saya hal itu sebagai alasan yang tidak kuat tetapi hanya dicari-cari atau dibuat-buat. Jika sebagaimana mayoritas orang Kristen percaya Yesus disalibkan hari Jumat, maka tubuh-Nya berbaring di kuburan hanya 24 s/d 26 jam saja, yaitu satu hari dan satu malam walaupun kita bisa melebarkannya menjadi satu hari penuh ditambah beberapa menit dua hari yang lain. Adakah jawaban yang memuaskan untuk perkara yang sulit ini ? Jawaban saya adalah “YA” dan, AMIN!

Fakta pertama yang perlu diperhatikan sebagai pemecahan yang tepat adalah: Tidak ada tertulis sama sekali di Alkitab bahwa Jesus disalibkan dan mati pada hari Jumat seperti tidak ada tertulis Yesus lahir tangal 25 Desember atau tanggal berapapun. Sama seperti tidak ada perintah Allah atau Yesus untuk merayakan kelahiran atau kematian-Nya. Alkitab mencatat bahwa Yesus disalib pada hari “ sebelum hari Sabat “ Alkitab tidak membiarkan kita untuk menebak-nebak tanpa kepastian atau berspekulasi tentang hari Sabat yang dimaksudkan itu.

Mari kita periksa dengan cermat dan teliti tentang Hari Persiapan ( the Preparation Day ) yaitu satu hari sebelum hari Sabat. Ujilah segala sesuatu dan peganglah apa yang baik. Sebab engkau boleh berpikir engkau sungguh-sungguh benar tetapi engkau sungguh-sungguh salah. [You can think that you are sincerely right when you are sincerely wrong]

Engkau akan mengenal kebenaran dan kebenaran akan memerdekakanmu. Dan Roh Kudus akan memimpin engkau kedalam segala kebenaran. Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu – dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta – dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. 1 Yohanes 2:20; 27.

Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan ( it was the Preparation Day ), yaitu hari menjelang Sabat. Karena itu Yusuf, orang Arimatea, seorang anggota Majelis Besar yang terkemuka, yang juga menanti-nantikan Kerajaan Allah, memberanikan diri meminta mayat Yesus. Markus 15:42 – 43.

Ia (Yusuf Arimatea) pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus. Dan sesudah ia menurunkan mayat itu, ia mengapaninya dengan kain lenan, lalu membaringkannya di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu, di mana belum pernah dibaringkan mayat. Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai. ( That day was the Preperation, and the Sabbath drew near ) Lukas 23:52 – 54.

Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “ Sudah selesai. “ Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya. Karena hari itu hari persiapan ( the Preparation Day) dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib – sebab Sabat itu adalah hari yang besar ( for that Sabbath was a high day ) – maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. Yohanes 19:30 – 31.

Keesokan harinya, yaitu sesudah hari dari persiapan ( the Preparation Day), datanglah imam-imam kepala dan orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus, dan mereka berkata: “ Tuan, kami ingat, bahwa sipenyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit. Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga. Matius 27:62 – 64a.

Yesus disalibkan pada hari persiapan yaitu satu hari sebelum Sabat yang juga disebut sebagai hari yang besar dalam bahasa Inggris “ a High day .” Sebagaimana Sabat mingguan tiba pada hari Sabtu, di mulai pada sore hari ketika matahari tenggelam sehari sebelumnya, maka dengan sendirinya satu hari sebelum Sabat berarti hari Jumat, pada hari inilah dianggap hari penyaliban dan kematian Yesus. Tetapi ada sebuah fakta yang sudah sangat umum dan terkenal, bahkan Alkitab banyak bersaksi tentang hal ini, bahwa orang Yahudi memiliki hari Sabat yang lain selain Sabat mingguan (weekly Sabbath, Holy days or Rest days) yang jatuh pada setiap hari Sabtu yang merupakan Hukum Taurat Keempat. Hari Sabat khusus itu adalah hari Sabat Paskah (Feast Day Sabbath) yang bisa jatuh pada hari apa saja pada minggu itu dan orang Ibrani menghitungnya sebagai ekstra Sabat atau Sabat tambahan pada minggu itu. Hari ini disebut Hari-hari pertemuan kudus (Holy Convocations) atau Sabat. Jadi hari pertama minggu Paskah itu disebut hari Sabat. Jadi boleh kita katakan ini adalah Sabat tahunan, atau Sabat besar (Festival Sabbaths) karena dirayakan atau jatuh hanya sekali setahun. Keluaran 12:16; Imamat 23:7; Bilangan 28: 16 – 18. Kemudian masih ada satu lagi yang disebut Tahun Sabat perhentian bagi tanah, termasuk di dalamnya adalah Tahun Yobel (50 tahun) yang disebut Tahun Sabat. Imamamt 25.

Tentang perayaan Paskah

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun di tanah Mesir: Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun. Kamu adakanlah pertemuan yang kudus, baik pada hari yang pertama maupun pada hari yang ketujuh; pada hari-hari itu tidak boleh dilakukan pekerjaan apapun; hanya apa yang perlu dimakan setiap orang. Itu sajalah yang yang boleh kamu sediakan. Kel. 12:1; 16

Inilah hari-hari raya yang ditetapkan TUHAN, hari-hari pertemuan kudus, yang harus kamu maklumkan masing-masing pada waktu yang tetap. Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN. Pada hari yang pertama kamu harus mengadakan pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat. Imamat 23:4-5; 7

Dalam bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, ada Paskah bagi TUHAN. Pada hari yang pertama ada pertemuan kudus, maka tidak boleh kamu melakukan pekerjaan berat. Bilangan 28:16; 18

Pertanyaan yang muncul sekarang adalah apakah Sabat yang mengikuti penyaliban dan kematian Yesus adalah Sabat migguan (Sabtu) atau Sabat Paskah yang jatuh tepat pada tanggal 15 bulan Nisan, yang bertepatan jatuh pada hari Kamis pada tahun itu. Alkitab tidak meninggalkan kita dalam keraguan untuk berspekulasi tentang Sabat yang mana maksudnya, karena ayat-ayat yang kita kutip di atas sangat gamblang mengatakan bahwa Yesus disalibkan pada hari persiapan, yaitu satu hari sebelum Sabat Paskah, jadi bukan satu hari sebelum Sabat mingguan yaitu hari Jumat. Ketika kalender Yahudi dirujuk pada tahun itu Sabat Paskah jatuh pada hari Kamis. Jadi satu hari sebelum hari Sabat di mana Yesus disalibkan dan mati adalah hari Rabu.

HARI RABU

Rasul Yohanes telah membuat hal ini terang seperti siang dengan pernyataan: Karena hari itu adalah hari persiapan Sabat, sebab Sabat itu adalah hari yang besar. Yohanes 19:31. Hari persiapan dan hari yang besar mengacu kepada Sabat Paskah bukan Sabat mingguan yaitu hari Sabtu. Injil Yohanes ditulis paling akhir dari semua injil lain, dan para ahli telah sangat lama menyadari diberbagai tempat ada maksud yang jelas untuk mengkoreksi gambaran yang salah yang didapat dari membaca injil Matius, Markus dan Lukas. Salah satu gambaran yang salah itu adalah Yesus yang makan perjamuan Paskah dengan murid-murid-Nya pada hari Paskah biasa. Untuk mencegah salah paham Yohanes dengan jelas menyatakan bahwa Ia makan pada malam sebelum Paskah, dan Dia mati disalib pada saat domba Paskah disembelih “ di antara dua petang “ pada tanggal 14 bulan Nisan. Keluaran 12:6. Domba Paskah Allah, Yesus, adalah penggenapan semua gambaran domba paskah yang telah dipersembahkan berabad-abad, jadi Dia disalib harus pada waktu yang telah ditetapkan Allah. Segala sesuatu tentang Domba Paskah digenapi di dalam Yesus.

  • Dia adalah Domba yang tak bercacat dan tak bernoda. Keluaran 12:5 Yesus terbukti tak bersalah dan tak berdosa


  • Dia dipilih pada tanggal 10 Nisan. Keluaran 12:3

    • Yesus masuk ke Yerusalem pada hari kesepuluh bulan Nisan, sebelum hari Sabtu, dan enam hari sebelum Paskah sejak mereka dari Jerikho ke Bethany ( Johanes 12:1 – berarti enam hari sebelum hari Kamis, adalah Jumat), baru hari berikutnya Yesus masuk ke Yerusalem ( Yohanes 12:12 ) yaitu pada hari Sabtu, tanggal 10 Nisan. Pada hari yang sama ini juga Yudas pergi kepada imam kepala dan menerima tigapuluh keping perak untuk menghianati Yesus. Matius 26:6-16; Markus 14 : 3 -11

    • Setelah makan malam di rumah Simon si kusta, dan makan malam itu terjadi pada hari Jumat malam , setelah matahari terbenam, atau permulaan hari Sabtu, setelah makan malam itu adalah tanggal 10, Nisan. Jadi harga pembayaran untuk domba dan harinya adalah tepat seperti nubuatan di Perjanjian Lama yaitu 30 keping perak pada hari kesepuluh bulan Nisan. Matius 26:15 Zakaria 11:12


  • Tidak ada satu tulangnyapun yang patah ketika ia dibunuh. Johanes 19:36; Keluaran 12:46 ; Bilangan 9:12; Maz. 34:20

4. Dan Ia terbunuh pada tanggal 14 Nisan diantara dua petang, pas sebelum tanggal 15 Nisan pada saat

matahari terbenam Keluaran 12:6

Jika kita menerima tepat seperti apa yang dikatakan Alkitab, yaitu bahwa Yesus dibunuh sebelum Sabat Paskah, gambaran atau bayangannya digenapi dengan sangat tepat dalam setiap detailnya. Tetapi bila kita terima kepercayaan tradisional bahwa Yesus disalibkan pada hari Jumat, maka gambaran atau bayangannya menjadi gagal dalam beberapa hal.

Selain itu, jika kita menerima pandangan tradisional bahwa Yesus disalib dan makan paskah biasa, maka perjalanan dari Jerikho ke Betania , yaitu 6 hari sebelum Paskah (Yohanes 12 : 1) akan jatuh pada hari Sabtu, yaitu pada hari Sabat Yahudi. Perjalanan pada hari Sabat adalah bertentangan dengan hukum Yahudi. Tentu saja mustahil bagi Yesus mengadakan perjalanan pada hari Sabat, yaitu hari Sabtu.

Selanjutnya telah diteliti oleh para ahli astronomi bahwa tahun 30 SM, yaitu tahun yang paling umum diterima sebagai hari penyaliban Yesus, Paskah dirayakan pada hari Kamis, tanggal 6 April, dimana saat itu adalah bulan purnama. Kronologis penyaliban pada hari Jumat telah banyak membingungkan para ahli dengan penemuan fakta bahwa pada tahun 30 SM hari Paskah jatuh pada hari Kamis. Seorang penulis yang mencari jawaban untuk hal yang sulit ini menyarankan bahwa penyaliban mungkin terjadi pada tahun 33 SM, karena walaupun bulan purnama terjadi pada hari Kamis tahun itu, tetapi kejadiannya hanya diantara dua setengah jam pada hari Jumat, dia berpikir bahwa orang Yahudi merayakannya pada hari itu. Tetapi bila kita menerima tepat seperti pernyataan Alkitab bahwa Yesus tidak disalibkan pada hari Paskah tetapi pada Hari Persiapan Paskah, dan Dia harus berada tiga hari tiga malam perut bumi, dan sebagaimana hari Persiapan Paskah tahun itu adalah hari Rabu dan hari kebangkitan-Nya di awal hari pertama minggu itu, ini akan memberikan tepat tiga hari tiga malam.

Hari dan Jam Ibrani

Hari bagi orang Yahudi adalah dari matahari terbenam ke matahari terbenam (from sunset to sunset) yang dibagi delapan bagian yang terdiri dari empat jam. Catatan: Sunset = matahari terbenam, Sunrise = matahari terbit, Midnigth = tengah malam, Noon = Siang.

Waktu-Malam Waktu-Siang

Jam pertama – Sunset s/d 9 pm Jam pertama – Sunrise s/d 9 am

Jam kedua - 9 pm s/d Midnight Jam kedua - 9 am s/d 12 Noon

Jam ketiga - Midnight s/d 3 am Jam ketiga - Noon s/d 3 pm

Jam keempat – 3 am s/d Sunrise Jam keempat – 3 pm s/d Sunset

Nisan 14 – Hari Persiapan Paskah Israel

Selasa – Jam 6.00 sore (Jam pertama) Yesus merayakan Paskah diruang atas dengan murid-murid-Nya.

- Jam 9.00 malam (Jam kedua) Yesus ditangkap dan dibawa kepada Kayafas untuk dihakimi.

- Jam 12.00 malam (Jam ketiga) Yesus dihakimi dan dinyatakan bersalah menghujat Allah oleh Sanhedrin.

Rabu _ Jam 6.00 pagi (Jam pertama) Yesus dibawa ke Pilatus untuk diadili dan dihukum

  • Jam 9.00 pagi (Jam ketiga) Yesus disalibkan

  • Jam 12.00 siang kegelapan menutupi bumi sampai jam tiga sore

  • Jam 3.00 sore (Jam kesembilan) Yesus mat dan menyerahkan nyawa-Nya

Nisan 15 – Hari Paskah Israel – Hari Pertama Roti tak beragi

Rabu - Jam 6.00 sore: tubuh Yesus diletakkan dikuburan

Rabu - Jam 6.00 sore s/d 6.00 Kamis: tubuh Yesus berada dikuburan 1 malam 1siang (24 jam)

Nisan 16 – Hari kedua Roti tak Beragi

Kamis - 6.00 sore s/d 6.00 sore Kamis : tubh Yesus ada di kuburan 2 malam 2 siang (48jam)

Nisan 17 – Hari ketiga Roti tak beragi – Hari Sabat Yahudi

Jumat – 6.00 sore s/d 6.00 sore Sabtu: tubuh Yesus ada di kuburan 3 malam dan 3 siang (72 jam)

Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam Matius 12:40

Yesus tiba di Yerusalem menjelang tanggal 9 Nisan, untuk menggenapi kehendak Bapa bahwa Dia harus menjadi anak Domba Allah yang akan mengangkut dosa dunia. Domba yang dipilih untuk Paskah harus dipisahkan dari induknya 7 hari sebelum hari Persiapan. Yesus diurapi oleh Maria untuk kematian-Nya pada tanggal 10 Nisan, karena domba paskah harus dipilih pada hari ini yaitu empat hari sebelum hari Paskah. Tanggal 10 Nisan adalah hari Sabat yaitu Sabtu, maka empat hari kemudian pada hari Rabu Yesus disalibkan. Yesus tidak hanya menggenapi setiap detail spesifik dari setiap nubuatan, tetapi juga setiap tipe, bayangan atau gambaran di Perjannjian Lama. Kalau tidak Dia tidak dapat disebut Mesiah.

Kesimpulannya: Yesus mati sesaat sebelum matahari terbenam pada hari Rabu.

Tujuh puluh dua jam kemudian, tepat tiga hari tiga malam, pada permulaan hari pertama minggu itu (hari Sabtu Sore), Dia bangkit dari kubur. Ketika para wanita mengunjungi kubur-Nya subuh besok paginya mereka menemukan kubur-Nya telah kosong. Jadi kita tidak perlu cari-cari alasan untuk mengatakan bahwa sebagian kecil dari satu hari dianggap sebagai satu hari penuh yang terdiri dari siang dan malam. Kita menemukan bahwa perkataan Yesus adalah tepat benar. Tiga hari tiga malam tubuh-Nya mati dan terbaring di kuburan. Sementara tubuh-Nya terbaring mati, Dia sendiri dihidupkan oleh Roh pergi di dalam Roh memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara. 1 Petrus 3: 18 – 19

Kesulitan ini terpecahkan dengan sendirinya, demikian juga kesulitan lain di Alkitab, ketika kita menerima Alkitab apa adanya tepat sebagaimana dikatakan.

Kadang-kadang masih ada sanggahan tentang pandangan diatas yaitu dua orang yang berjalan ke Emmaus pada permulaan hari pertama minggu itu yaitu hari Minggu berbicara kepada Yesus tentang penyaliban dan peristiwa yang mengikutinya: “ Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya ini terjadi. “ Lukas 24:31b Kalau penyaliban terjadi pada hari Rabu bukankah hari Minggu menjadi hari keempat. Sepertinya ayat itu berkata kalau penyaliban terjadi pada hari Rabu, hari Minggu menjadi hari keempat sejak semuanya ini terjadi. Tetapi jawabannya sebenarnya sangat sederhana. Semuanya ini terjadi sebagaimana hari Kamis dimulai pada saat matahari terbenam hari Rabu. Kita harus ingat bahwa bagi orang Yahudi hari dimulai pada jam enam sore dan berakhir jam enam sore hari berikutnya. Jadi semua selesai hari Kamis, dan hari pertama sejak Kamis adalah Jumat, hari kedua sejak Kamis adalah Sabtu, dan hari ketiga sejak Kamis adalah Minggu, hari pertama minggu itu. Jadi bahkan keberatan atau sanggahan diatas menjadi penyokong pembuktian bahwa Yesus disalib hari Rabu dan bangkit hari Sabtu. Sebaliknya kalau penyaliban terjadi pada hari Jumat, maka hari Minggu tidak bisa menjadi hari ketiga sejak semuanya ini terjadi, tetapi hari keempat.

HARI KETIGA

Ada banyak sekali ayat yang mendukung bahwa Yesus Mati pada hari Rabu sore :” Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya ini terjadi “ membawa kita ke hari Sabtu sore sebagai hari kebangkitan.

Gambaran Nubuatan Tiga Hari Perjannjian Lama

  • Tiga hari Perjalanan Abaraham dan Ishak ke gunung Muria. Kejadian 22:1-14

  • Tiga hari Pelayanan Yusuf Menterjemah Mimpi Juru Minum dan Juru Roti. Kejadian 40:12-19; 42:17

  • Tiga hari Pelayanan Musa Membawa Israel Keluar dari Mesir. Keluaran 3:18; 5:3, 8:27

  • Tiga hari Perjalanan Israel ke Padang Gurun. Keluaran 15:26; Bilangan 33:8

  • Tiga hari Perjalanan Tabut ketempat Perhentian di Israel. Bilangan 10:33

  • Tiga hari Persiapan Perjalanan Masuk Kanaan Yosus 1:11; 3:2

  • Tiga hari Pengalaman Puasa Ester dan Kelepasan Israel. Ester 4:16

  • Tiga hari Pengalaman Yunus di perut Ikan. Yunus 1:17; 3:3

Tiga Hari Gambaran Perjanjian Baru

1. Tiga hari Kumpulan Orang Banyak Mengikut Yesus. Yesus memberi makan 4000 orang. Mat. 15:32

  • Tiga hari Yusuf dan Maria mencari Yesus Lukas 2:46

  • Tiga hari Penyempurnaan. Pada hari yang ketiga Aku akan selesai. Lukas 13:32

  • Tiga hari Perkawinan di Kana. Mujijat Yesus yang pertama, air menjadi anggur. Yohanes 2:1

  • Tiga hari Pengalaman Paulus Berdoa dan Puasa KPR 9:9

  • Tiga hari Bait Allah di rombak dan di bangun Yohanes 2:18-21

  • Tiga hari Tanda Yunus Matius 12:39-40

Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Lukas 12:40 Yunus 1:7

Orang ini berkata: Aku dapat merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam tiga hari. Matius 26:61

Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu jikalau Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu. Matius 27:41

Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidupNya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit. Matius 27:63

Bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan sesudah tiga hari. Markus 8:31

Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit. Markus 9:31

Dan Ia akan diolok-olokkan, diludahi, disesah dan dibunuh, dan sesudah tiga hari Ia akan bangkit. Markus 10:34.

Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini dan dan dalam tiga hari akan Ku-dirikan yang lain, yang bukan buatan tangan manusia. Markus 14 : 58

Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari. Markus 15:29

Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali. Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya:” Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari ?”Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Yohanes 2:19-22

Bahwa kalimat “ HARI KETIGA” secara Alkitabiah termasuk tiga hari dan tiga malam bisa dilihat dalam Kejadian 1:4-13: “ Allah memisahkan terang itu dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang (gelap) dan jadilah pagi (terang) itulah HARI PERTAMA - -- Jadilah petang (gelap) dan jadilah pagi (terang), itulah HARI KEDUA--- Jadilah petang (gelap) dan jadilah pagi (terang) itulah HARI KETIGA. Jadi ada tiga selang waktu malam dan tiga periode dari terang. Hal ini memberikan satu contoh bagaimana istilah “ HARI KETIGA” itu bisa dihitung dan diperlihatkan termasuk tiga hari dan tiga malam, tiga pagi dan tiga petang atau tiga terang dan tiga gelap.

Sebelum kita lanjutkan saya akan mengingatkan saudara bahwa fakta yang kita percayai bahwa Yesus benar hidup, mati dan bangkit bagi kita adalah jauh lebih penting dari pada penjelasan mengenai jam, hari atau waktu penyaliban, kematian, penguburan dan kebangkitan-nya.

Karena ada 12 jam dalam satu siang dan 12 malam dalam satu malam [Yohanes 11:9-10 ] Jawab Yesus:” Bukankah ada 12 jam dalam satu hari (siang hari)? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak akan terantuk, karena ia melihat terang dunia ini. Tetapi jikalau seorang berjalan pada malam hari, kakinya terantuk, karena terang tidak ada dalam dirinya.” Apabila kita menghitung tiga hari tiga malam penuh, maka hal itu sama dengan tiga kali 24 jam yaitu sama dengan 72 jam. Apakah waktunya harus tepat 72 jam? Ya, Amin, kita tidak mempunyai alasan untuk mengatakan hal itu sebagai sesuatu yang kurang dari 72 jam penuh. Yesus ada didalam kubur selama tiga hari dan tiga malam, dan bangkit sesudah tiga hari.

Di lain pihak, kalau Dia dibangkitkan dari kematian dalam tiga hari (Yoh 2:19), hal itupun tidaklah menjadi lebih dari 72 jam. Untuk meluruskan pernyataan-pernyataan yang bermacam-macam ini, tidaklah tanpa alasan untuk menganggap bahwa selang waktu itu tepat 72 jam. Sebenarnya , Allah adalah Allah yang PASTI, YA DAN AMIN. Dia melakukan segala sesuatu tepat menurut rencana dan waktu-Nya. Tidak ada yang kebetulan bagi-Nya.

Tetapi setelah genap waktu-Nya, maka Allah mengutus Anak-Nya. Galatia 4:4 Setelah genap waktu-Nya, tidak sehari lebih awal atau sehari lebih lambat, tetapi tepat waktunya. Sebab untuk segala sesuatu di bawah kolong langit ini ada waktu-Nya. Pengkhotbah 3:1. Itulah sebabnya orang Farisi dan Saduki dan Ahli Taurat berulang kali hendak membunuh Dia, dan selalu gagal sebab “ waktu-Nya belum tiba” Yohanes 7:8. Ada saat yang tepat untuk kelahiran, penyunatan, Dia ke Bait Allah, baptisan, pelayanan dan waktunya bahkan hari dan jam-Nya dia disalibkan dan mati serta bangkit. Yesus berdoa, “ Bapa telah tiba saatnya” Yohanes 17:1 Maka kita tidak punya masalah untuk mempercayai ada juga selang waktu yang tepat untuk waktu antara penguburan dan kebangkitan-Nya, yaitu 72 jam tepat. Kalau ini benar, maka kebangkitan –Nya terjadi pada waktu yang sama sewaktu Yesus dikuburkan, hanya tiga hari kemudian. Waktu yang manakah itu?

Yesus mati tidak lama sesudah” jam kesembilan” atau jam tiga sore Matius 27: 46-50. Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib- sebab Sabat itu adalah hari yang besar -, maka Pilatus memerintahkan agar kaki mereka dipatahkan, supaya mereka bisa diturunkan – tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus – Ia telah mati. Yohanes 19:31-33.

Pada waktu itu “waktu-Nya sudah tiba” Markus 15:42, hari mulai malam. Hukum Taurat sudah mengatakan: “ Janganlah mayatnya dibiarkan semalam-malaman pada tiang itu, tetapi haruslah engkau menguburkan dia pada hari tiu juga” Ulangan 21:23. Dalam waktu yang sisa hari itu sebelum matahari terbenam, sebelum hari besar Sabat itu mulai, Yusuf dari Arimatea meminta ijin untuk menurunkan mayat Yesus Dia dan Nikodemus mempersiapkan tubuh itu untuk penguburan dengan mengapaninya dengan kain dan membubuhinya dengan rempah-rempah, dan menempatkannya dalam kubur yang ada didekatnya. Yohanes 19:38:42, semua ini selesai dekat waktu matahari terbenam.

Kalau kebangkitan itu terjadi pada waktu yang sama dengan waktu Yesus dikuburkan – hanya tiga hari kemudian – maka hal itu terjadi pada saat hampir matahari terbenam., BUKAN MATAHARI TERBIT,seperti anggapan umum selama ini. Kebangkitan waktu matahari terbit akan membutuhkan waktu satu malam lebih panjang- yaitu tiga siang dan EMPAT malam. Tentu saja tidak demikian kejadiannya. Mereka yang datang kekubur itu sewaktu matahari terbit, bukannya menyaksikan kebangkitan-Nya pada waktu yang tepat, tetapi menemukan sebuah kubur yang sudah kosong Markus 16:2. Perhitungan Yohanes menceritakan pada kita bahwa Maria Magdalena datang kekubur itu “ ketika hari masih gelap”, pagi-pagi benar, pada hari pertama minggu itu dan Yesus tidak ada di sana Yohanes 20:1-2.

Para penulis Injil menceritakan ada beberapa kunjungan yang berbeda yang dilakukan oleh para pengikut Yesus kekubur itu pada hari pertama minggu itu.. Dalam setiap contoh, mereka menemukan kubur itu KOSONG! Seorang malaikat mengatakan, “ Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya” Matius 28:6. Hari pertama minggu itu adalah waktu dimana para pengikut itu menemukan bahwa Ia sudah bangkit Lukas 24:1-2, tetapi tidak ada dalam Alkitab yang benar-benar mengatakan bahwa ini adalah saat kebangkitan itu.

Satu-satunya ayat yang sepertinya mengajarkan suatu kebangkitan pada hari Minggu pagi adalah Markus 16:9, “ Sesudah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena-“ Tetapi ayat itu tidak mengatakan bahwa subuh pada hari pertama itu Yesus “sedang “ bangkit atau bahwa Dia “ benar bangkit “ pada saat itu. Dikatakan bahwa pada hari pertama minggu itu tiba, Dia “SUDAH BANGKIT” [ Catatan : bentuk kalimat dalam bahasa Inggris untuk kalimat itu disebut “ PAST PERFECT TENSE “]

Karena tidak ada tanda-tanda bacaan dalam naskah bahasa Gerika atau Yunani yang diterjemahkan kedalam Kitab Perjanjian Baru, maka ungkapan ,” pagi-pagi pada hari pertama minggu itu “ ( early the first day of the week ) hanya bisa benar apabila dihubungkan dengan waktu Yesus menampakkan diri kepada Maria. Hanya dengan menempatkan koma sesudah kata “ bangkit” ( RISEN ), maka ayat itu akan terbaca:” Setelah Yesus bangkit, pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena.” Markus 16:9 Arti inilah rupanya yang dimaksudkan semula, karena ayat berikutnya memperlihatkan bahwa Markus mencatat macam-macam penampilan yang dilakukan Yesus, jadi tidak menerangkan pada hari apa kebangkitan itu terjadi.

Waktu Minggu pagi itu datang, Yesus sudah bangkt, kebangkitan itu terjadi dekat saat matahari terbenam dari hari sebelumnya itu. Menghitung kebelakang sebanyak tiga hari akan membawa kita ke hari RABU. Apakah ini menjadikan tiga siang dan tiga malam diantara penguburan dan kebangkitan Kristus? YA, Rabu malam, Kamis malam, dan Jumat malam-, TIGA MALAM, juga hari Kamis, Jumat dan Sabtu – TIGA HARI. Ini semua berjumlah tepat tiga hari dan tiga malam atau 72 jam. Satu hari sesudah Rabu adalah Kamis, dua hari sesudah Rabu adalah Jumat, dan hari ketiga sesudah Rabu adalah Sabtu (Sabat)

Tidak ada sama sekali ayat yang menyokong penyaliban hari Jumat di Alkitab, tetapi semuanya harmonis mendukung penyaliban hari Rabu. Sungguh sangat mengagumkan ketika banyak ayat nubuatan dan gambaran atau bayangan dalam Perjanjian Lama digenapi, dan bagaimana urutan kejadian di Injil menjadi jelas dan harmonis ketika kita mengerti bahwa Yesus mati hari Rabu, satu hari sebelum Paskah yang disebut hari Persiapan atau hari besar dan bukan pada hari Jumat. Dan Dia bangkit bukan pada hari Minggu tetapi pada hari Sabtu yaitu hari Sabat mingguan.

HARI KETUJUH

Inilah hal yang kedelapan yang saya janjikan, lanjutan dari tulisan hari ketujuh atau hari Sabat. Mari kita lihat kembali tujuh perkara yang dilakukan Yesus pada hari ketujuh atau Sabat.

  • Pada hari ketujuh Firman Allah digenapi:Aku menyembuhkan seluruh tubuh manusia pada hari Sabat

  • Pada hari ketujuh orang (gereja) yang terikat, tertawan dan kerasukan dibebaskan

  • Pada hari ketujuh orang (gereja) yang buta sejak lahir dicelikkan

  • Pada hari ketujuh orang (gereja) yang lumpuh sejak kecil disembuhkan

  • Pada hari ketujuh wanita (gereja) yang bungkuk disembuhkan

  • Pada hari ketujuh orang (gereja) yang busung air disembuhkan

  • Pada hari ketujuh orang (gereja) yang lumpuh tangan kanannya disembuhkan

  • Pada hari ketujuh maut dikalahkan

Hari ketujuh Yesus mengalahkan kematian demikianlah tubuh-Nya yaitu kita Gereja-Nya di hari ketujuh ini atau di hari ketiga ini akan mengalahkan maut, ketika materai yang ketujuh terbuka dan terompet utusan yang ketujuh terdengar dan Hari Raya yang ketujuh digenapi yaitu hari Raya Tabernakel.

BEBERAPA KESAKSIAN

Walaupun gereja Katolik tetap berpegang pada penyaliban hari Jumat, ENSIKLOPEDIA KATOLIK mencatat bahwa tidak semua tokoh gereja mempercayainya. Epiphanius, Lactantius, Wescott, Cassiodorus dan Gregory dari Tours menolak hari Jumat sebagai hari penyaliban. ( * 2 )

Dalam bukunya yang bejudul Pertanyaan Mengenai Alkitab Sudah Terjawab [ BIBLE QUESTIONS ANSWERED ], W.L. Pettinggill memberikan pertanyaan dan menjawabnya sendiri:” Pada hari apa dalam minggu itu Tuhan kita disalibkan ? Bagi kami sangatlah jelas bahwa penyaliban itu terjadi pada hari Rabu. (* 3 )

THE COMPANION BIBLE [Alkitab Pendamping], yang diterbitkan oleh Oxford University Press, dalam Appendix 156 menerangkan bahwa Kritus disalib pada Rabu.

Dalam buku DAKES ANNOTATED REFERENCE BIBLE [ Catatan Referensi Alkitab Dake] yang ditulis oleh Finis Dake, mengatakan dalam catatannya tentang Matius 12:40 : Kristus mati selama tiga siang penuh dan tiga malam penuh. Dia dimasukkan ke dalam kubur hari Rabu sejenak sebelum matahari terbenam dan bangkit akhir hari Sabtu waktu matahari terbenam – tidak ada pernyataan yang mengatakan bahwa Dia dikuburkan hari Jumat sewaktu matahari terbenam. Karena kalau begitu akan membuat Dia ada di dalam kubur hanya satu hari satu malam saja, dan ini akan membuat DIA berdusta. ( * 4 )

Tulisan dalam majalah ETERNITY [ KEKEKALAN ], editornya , Donald Grey Barnhouse, mengatakan, “ Saya secara pribadi selalu berpegang bahwa ada dua Sabat dalam minggu terakhir Tuhan kita yaitu Sabat hari Sabtu dan Sabat Paskah , dan yang terakhir itu jatuh pada hari Kamis. Mereka tergesa-gesa menurunkan tubuh-Nya setelah penyaliban hari Rabu, dan Dia berada tiga hari tiga malam didalam kubur [ 72 jam ]. Dia sudah mengutip kejadian ini dari The Dead Sea Scroll yang menempatkan Perjamuan Terakhir Malam itu pada hari Selasa. [ The Dead Sea Scroll adalah Naskah kuno Perjanjian Lama yang ditulis pada gulungan kulit kambing yang ditemukan kira-kira tahun 40-an di daerah Laut Mati] Tidak semua tradisi menyukai suatu penyaliban di hari Jumat. Dia mencatat dari sebuah Jurnal Katolik Roma yang diterbitkan di Prancis bahwa suatu tradisi Kristen Kuno, yang diteguhkan dengan sumpah oleh Kerasulan Didascalia [Didascalia Apostolorum] seperti juga oleh Epiphanius dan Victorinus dari Pettau [ meninggal tahun 304] mencatat Selasa sore sebagai tanggal hari Perjamuan Malam Terakhir dan memberikan perintah melakukan suatu puasa untuk hari Rabu untuk memperingati penangkapan terhadap Kristus. ( *5 )

Kutipan-kutipan yang diberikan oleh berbagai tokoh ini merupakan suatu hal yang sangat bermakna walaupun kepercayaan mereka tidak diakui secara umum dalam berbagai organisasi gereja di mana mereka bergabung. Dalam hal ini mereka berbicara dari keyakinan percaya mereka sendiri lebih dari pada sekedar pendapat umum atau organisasi mereka semata. Demikian juga kasus R.A. TORREY, seorang penginjil terkenal dan Dekan sebuah Lembaga Alkitab, yang kata-katanya ditulis tahun 1907 sangat jelas menyimpulkan posisi mendasar yang telah kita kumpulkan dalam tulisan ini. Torrey mempercayai Yesus disalibkan dan mati hari Rabu sore sebelum matahari terbenam dan bangkit pada hari Sabtu sore. ( *6 )

Selanjunya Torrey berkata:” Tidak ada dimanapun dalam Alkitab yang mengatakan atau mencantumkan bahwa Yesus disalib dan mati pada hari Jumat seperti tradisi gereja yang sudah diterima secara umum, dan bangkit dari kematian subuh di pagi hari Minggu yang berikutnya. Banyak pembaca Alkitab yang setia dibuat heran atas perkara ini, karena mengetahui selang waktu antara Jumat sore itu dan Minggu pagi itu bisa dihitung sebagai menjadi tiga hari tiga malam. Adalah lebih sesuai apabila dihitung dua malam, satu hari dan sebagian kecil dari hari berikutnya.

Di catat bahwa Yesus disalib pada hari “sebelum hari Sabat.” Alkitab tidak membiarkan kita untuk menduga-duga atau menebak tanpa dasar tentang Sabat yang dimaksudkan itu. Sabat itu bukanlah Sabat mingguan (Sabtu), tetapi hari sebelum Sabat Paskah, yang jatuh pada hari Kamis pada tahun itu. Dan itu menunjukkan bahwa hari di mana Yesus disalibkan adalah hari Rabu. Dan Yohanes telah membuat hal ini sangat jelas dan terang seperti siang.

Yesus dikuburkan sedikit waktu sebelum matahari terbenam pada hari Rabu. Tujuh puluh dua jam kemudian, Dia bangkit dari kubur. Ketika perempuan-perempuan itu mengunjungi kubur itu sedikit waktu sebelum matahari terbit di pagi hari itu mereka menemukan kubur itu sudah kosong. Tidak ada sama sekali yang menyokong pendapat penyaliban pada hari Jumat, tetapi segala sesuatu dalam Alkitab sudah selaras dengan penyaliban hari RABU. Sungguh amat ajaib menyaksikan betapa banyak ayat-ayat nubuatan dan tipologi dalam Perjajian Lama digenapi dan betapa banyak hal-hal yang sepertinya bertentangan dalam kisah di Injil diluruskan ketika kita menerima bahwa Yesus mati pada hari RABU, dan bukan pada hari JUMAT. ( *6 )

Adalah sebuah kepercayaan orang Yahudi bahwa pada waktu seseorang mati, rohnya masih tinggal dalam tubuhnya selama tiga hari… Yesus harus berada dikuburan selama tiga hari tiga malam, bukan saja untuk menggenapi nubuatan tentang diri-Nya dan nubuatan-Nya sendiri tentang diri-Nya sendiri, juga untuk membungkam mulut orang Yahudi … supaya mereka tidak dapat berkata bahwa Yesus tidak sungguh-sungguh mati. (7*)

Ketika diberi tahu bahwa Lazarus sakit keras dan kemudian mati, Yesus menunda pergi ke Betani sampai Lazarus sudah berada di kubur selama 3 hari, dan sebagian dari hari ke empat. Marta memprotes bahwa sudah terlalu terlambat untuk menolong saudaranya karena tubuhnya telah busuk dan bau. Adalah tradisi yang umum bagi orang Yahudi bahwa seorang tidak akan dinyatakan mati secara syah atau legal sampai seseorang telah mati sampai tiga hari berlalu. Imam besar, para imam dan orang Parisi mengerti perkatakan Yesus bahwa Dia akan dikubur selama tiga hari penuh, 72 jam, kalau tidak percakapan mereka dengan Pilatus di Matius 27:62-66 menjadi tidak berarti sama sekali. Bagi penulis adalah sangat jelas bahwa Yesus disalip pada hari Rabu, Nisan 14; tubuh-Nya ditempatkan dikuburan tepat sebelum jam 12 menurut waktu Ibrani atau jam enam sore, dan Dia bangkit dari kubur pas setelah jam 12 hari Sabtu menurut waktu Ibrani atau setelah jam enam sore, yaitu jam pertama hari Minggu, hari pertama minggu itu.

Hari Paskah Tuhan telah dinubuatkan adalah pada bulan Nisan tanggal 14, dari matahari terbenam hari Selasa sampai matahari terbenam hari Rabu (menurut kalender kita) Ikatan berkas buah sulung, menurut Imamat 23:10-11, dilambai-lambaikan dihadapan Tuhan pada hari setelah Sabat mingguan, sesudah hari Paskah. Yesus Kristus sesungguhnya bangkit pada hari pertama minggu itu setelah hari Sabat mingguan (Matius 28:1-8), buah sulung dari kebangkitan yang pertama (1 Kor. 15:23) (8*)

KEPUSTAKAAN [ BIBLIOGRAPHY]

  • THE JEWISH ENCYCLOPEDIA, vol. 4, p. 475, art. “day”

  • THE CATHOLIC ENCYCLOPEDIA, vol. 8, p, 378, art “ Jesus Christ “

  • Pettinggil, BIBLE QUESTIONS ANSWERED, p. 182.

  • DAKE’S ANNOTATED REFERENCE BIBLE, p. 13.

  • ETERNITY, June, 1958

  • Torrey, DIFFICULT AND ALLEGED ERRORS AND CONTRADICTIONS IN THE BIBLE.

  • A SCIENTIFIC APPROACH TO BIBLICAL MYSTERIES, Robert Faid, p.70

  • PROPHETIC OBSERVER, N. W Hutchings, April 1995, p 4

  • RALPH WOODROW, BABYLON MYSTERY RELIGION, chp. 18

  • DIFFICULTIES IN THE BIBLE , Unknown ch.XXI, p.101-106

  • THE THREE DAYS AND THREE NIGHTS, Kevin J. Conner, 1988, p 1- 4

As scarce as truth is, the supply has always been in excess of the demand. Josh Billing

[ Walaupun kebenaran sangat langka, tetapi supplainya selalu melebihi permintaan ]

Too many people overvalue what they are not, and undervalue what they are

Banyak orang terlalu meninggikan yang bukan diri mereka, dan merendahkan siapa mereka sebenarnya

Dr. Bumbunan Sitorus, Pontianak Agustus 2000.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda